Chrome extension yang berguna untukmu si-“web developer”

Kini sebuah browser tidak hanya digunakan sebagai alat penjelajah biasa, yang dengannya kamu bisa akses ke berbagai halaman website. Salah satu browser yaitu chrome menambahkan fitur extension, yang merupakan sebuah aplikasi yang dapat memberikan fitur tambahan, memodifikasi dan meningkatkan fungsionalitas dari chrome tersebut. Beberapa extension akan dapat sangat membantu dan mempermudah pekerjaan terlebih untukmu si ‘web developer’.

  1. Whatfont
whatfont
Whatfont via https://chrome.google.com/webstore/

Terkadang kamu ingin mengetahui jenis font apa yang digunakan pada sebuah halaman website. Pada chrome kamu bisa menggunakan development tool atau pada firefox dapat dengan menggunakan firebug. Namun cara tersebut tidak praktis. Dengan extension whatfont, kamu hanya perlu meng-hover pada tulisan yang ada di sebuah halaman website dan jenis dari font akan ditampilkan. Cara penggunaannya yang sederhana tentunya dapat mempermudah pekerjaanmu sebagai web developer.

  1. Firebug Lite

firebug

Firebug lite via https://chrome.google.com/webstore/

Firebug merupakan extension yang dapat memfasilitasi debugging, editing dan monitoring dari setiap website CSS,  HTML,  DOM,  XHR,  javascript serta dapat log kesalahan.  Extension ini juga menyediakan fitur menarik berupa inspeksi halaman HTML dengan mouse dan juga edit secara langsung properti CSS.

  1. Web developer
web_developer
Web Developer via https://chrome.google.com/webstore/

Dengan adanya extension ini, akan disediakan toolbar button dengan berbagai macam tools yang akan kamu butuhkan sebagai web developer.

  1. Colorpick eyedropper
colorpick
ColorPick Eyedropper via https://chrome.google.com/webstore/

Colorpick eyedropper merupakan extension untuk memilih warna yang digunakan pada sebuah halaman website. Dengannya kamu dapat mengetahui berapa nilai warnanya dan dapat kamu gunakan sebagai referensi warna.

  1. Window resizer
window_resizer
Window Resizer via https://chrome.google.com/webstore/

Dengan extension ini kamu dapat mengubah ukuran layar dari browser yang sedang digunakan untuk menyamai berbagai macam ukuran resolusi.  Hal ini tentunya sangat membantu pekerjaanmu sebagai web developer ataupun web designer untuk menguji layout pada beberapa ukuran resolusi browser. Untuk menguji responsif dari website tersebut.

Dengan extension-extension tersebut tentunya dapat mempermudah pekerjaanmu. Dengan hanya mengarahkan kursor kamu dapat mengakses informasi jenis font ataupun nilai dari warna yang digunakan, begitu juga dengan hanya mengetikkan nilai resolusi, kamu langsung dapat merubah ukuran browser sesuai yang diinginkan.  Tentunya beberapa extension tersebut dapat dicoba untuk memudahkan dan mempercepat pekerjaanmu sebagai web developer.

Website untuk asah otak dan bisa bikin Cerdas

Pernah tidak kamu merasakan ketika kamu jadi sering lupa meletakkan barang, sering lupa apa yang harus dikatakan atau lupa tujuannya kemana perginya malah kemana. Mungkin salah satu penyebabnya karena kamu kurang mengasah kerja otak.

Otak merupakan bagian paling penting dari tubuh manusia yang merupakan pusat dari sistem syaraf. Dengan organ tersebut kita bisa menangkap banyak informasi baru serta mempelajari berbagai kebiasaan. Jumlah sel yang ada di otak terdiri dari triliunan, meskipun begitu yang digunakan ketika kita berpikir keras hanyalah sepersekian nol persen dari jumlah sel yang ada.

Sehingga untuk mengoptimalkan penggunaan dari otak, maka kita dapat mengasahnya. Salah satu caranya yaitu dengan mengunjungi website-website berikut :

  1. Duolingo

 

duolingo
Duolingo via https://www.duolingo.com/

Merupakan website untuk belajar bahasa asing. Dengan tampilannya yang menarik serta interaktif, kamu ga akan merasa bosan dengan website ini. Bahasa yang disediakan untuk latihan juga tersedia beragam, seperti Jerman, Prancis, Denmark, Spanyol, Irlandia, Portugis, Italia dan Belanda, dan dikabarkan akan ditambah lagi beberapa bahasa lainnya yang dapat dipelajari. Kemudian latihan yang diberikan juga lengkap antara lain writing, grammar, vocabulary, listening serta speaking. Yang membuat website ini juga lebih menarik ialah adanya sistem level untuk mengukur tahap latihanmu,  dibuat seperti bermain game, dan juga adanya ‘follow friend’ yang dapat menambah teman sehingga kamu dan kerabat dekatmu bisa saling bersaing untuk sampai ke level yang lebih tinggi. Dan ini tidak berbayar melainkan gratis.

  1. TED
ted
TED via https://www.ted.com/

Website yang berisi video-video ceramah singkat dari narasumber yang menginspirasi serta powerful mengenai berbagai macam isu. Sesuai dengan tagline mereka yaitu “ideas worth spreading”, dijamin video-video yang ada dapat membuka pikiran dan tentunya kita dapat belajar banyak serta menambah informasi.

  1. Codeacademy
codeacademy
codeacademy via https://www.codecademy.com/

Bagi para pemula ataupun yang ingin belajar mengenai bahasa pemograman, bisa mencoba website ini. Tutorial yang diberikan bersifat gratis dan juga sistemnya yang interaktif. Kamu tidak hanya membaca informasinya namun juga dapat langsung mempraktekkannya pada situs ini.

  1. Lumosity
lumosity
lumosity via https://www.lumosity.com/

Lumosity dapat dijadikan referensi untuk latihan keterampilan kerja otak. Adanya program yang telah diintegrasikan dengan latihan penggunanya, sehingga dapat meningkatkan daya ingat dan keterampilan berkonsentrasi secara sistematis. Program tersebut dapat memantau kemajuan kamu dan memberikan umpan balik secara rinci mengenai kinerja dari latihan dan perbaikan yang telah dilakukan. Dan yang terpenting,  program tersebut terus-menerus memodifikasi dan meningkatkan permainan yang kamu mainkan untuk membangun kekuatan yang dikembangkan.

Dengan semakin seringnya digunakan maka kerja otak akan semakin optimal dan kamu dapat menghindari ‘pikun’ yang sering kamu alami. Selain mengasah otak juga dapat menambah skill dan tentunya menambah informasi.