Little Smart Secret to Arrange Your Monthly Income

Seberapa banyaknya gaji bulananmu tentu tidak akan pernah dirasa cukup jika tidak dikelola dengan baik. Ketika pertengahan bulan, gaji terasa sudah hampir habis dan entah menghilang kemana sedangkan kamu berpikir bahwa tidak merasa berbelanja yang berlebihan. Untuk itu kamu harus cermat dalam penggunaan gaji dan jangan lupa dengan pepatah ‘ingat hari esok’. Agar kamu dapat mengelola gaji bulanan dengan cerdas, berikut beberapa cara yang dapat kamu terapkan.

  1. Buat anggaran bulanan

Buat daftar belanja bulananmu. Alokasikan dan dibagi sesuasi kebutuhanmu. Mulai dari kebutuhan primer seperti makan, transportasi dan lainnya hingga kebutuhan tersier seperti porsi untuk memenuhi hobimu si kutu buku atau kamu yang hobi travelling.

  1. Bayar tagihan

Segera bayar semua tagihan, hutang ataupun cicilan. Dan usahakan bayar diawal waktu, yaitu setelah gajian. Sebelum uangmu habis terpakai untuk kebutuhan lain. Jika semua tagihan telah terbayarkan tentunya kamu akan tenang untuk menggunakan sisa uangmu.

  1. Sisihkan tabungan

Setelah mengelola uangmu untuk anggaran bulanan dan membayar tagihan, ada baiknya untuk menyisihkan sisa uangmu untuk tabungan. Jangan lupa hari esok. Penting sekali untuk memiliki tabungan, karena kita tidak pernah tahu suatu saat kita membutuhkan uang untuk pengeluaran yang tak terduga.

  1. Buat laporan keuangan harian

Ada baiknya untuk belajar lebih tekun pada pengelolaan keuanganmu. Yaitu dengan cara mengumpulkan struk belanja dan catat pengeluaran harianmu. Hal ini berguna untuk menganalisa seberapa besar jumlah pengeluaranmu tiap bulannya dan untuk memeriksa mungkin saja terdapat barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu kamu butuhkan namun kamu membelinya. Sehingga kamu dapat mengurangi untuk berbelanja barang yang tidak terlalu kamu butuhkan tersebut di bulan berikutnya.

  1. Miliki dua rekening bank

Memiliki dua atau lebih rekening dapat sangat berguna untukmu yang merupakan tipe orang yang akan selalu ingin berbelanja jika memiliki uang. Satu rekening digunakan untuk menyimpan uang biaya kebutuhan sehari-hari dan rekening yang lain digunakan untuk menyimpan tabungan.

  1. Investasikan uangmu

Setelah semua uang telah dialokasikan sesuai porsinya, jika ternyata masih ada sedikit sisa dari gaji bulananmu, maka akan lebih baik jika kamu menggunakannya untuk investasi. Dapat dengan cara membeli emas atau perhiasan lain yang memiliki nilai jual yang tinggi, membeli sepetak tanah dan lainnya. Dengan menyimpan uang dalam bentuk lain tentunya akan dapat mengurangi rasa ingin membeli barang lain jika tabungan yang dimiliki tidak berbentuk uang. Selain itu juga dapat berguna dimasa depan.