Be a Job Hunters? No worries !

Be a job hunter? Do not ever worry about that.

Most of people had experience it. And also I am. Aku udah ngerasain tahapannya atau fasenya 2 kali. And I passed it.

Yang pertama yaitu setelah lulus kuliah dan menjadi sarjana. Istilah serunya “FreshGraduate”. Mengikuti job fair dimana-mana, apply ke banyak tempat, interview dimana-mana, dari pagi hingga sore bahkan malam. Kadang dua hingga tiga hari berturut-turut. Tes seperti gambar pohon ataupun tes koran berulang kali. Dan tentunya semua itu sangat-sangat menguras energi serta pikiran.

Kemudian mendapat pekerjaan. Selang beberapa tahun. Dikarenakan satu dua alasan kemudian mencari pekerjaan lagi dan melakukan interview berkali-kali kembali, pergi ke banyak perusahaan dan mengerjakan tes berkali-kali. Kembali keinginan dan harapan untuk diterima diperusahaan besar. Namun belum saatnya itu terjadi. Dan akhirnya setelah berbulan-bulan berusaha kesana kemari mencari pekerjaan akhirnya mendapat pekerjaan. Sehingga setelah dihitung aku uda ngalamin dua kali dari sekian banyak proses yang terjadi.

Tapi buat kamu yang sekarang sedang menjadi job hunter atau yang baru lulus kuliah alias fresh graduate jangan pernah khawatir ketika kamu saat ini sedang mencari pekerjaan. Karena hal itu wajar.

  • Serunya menjadi jobhunter

Jangan dijadikan beban. Bagi kamu yang pernah jadi anak kuliahan tentunya kamu akan ngalamin fasenya dimana kamu akan menjadi fresh graduate. Bagi fresh graduate jangan takut ataupun grogi, belajar kiat-kiatnya dan hadapi dengan senyuman :).

Jangan pernah minder disaat kamu masih mencari pekerjaan kesana kemari sedangkan teman-temanmu sudah mendapatkan pekerjaan. Justru ini kesempatanmu untuk meningkatkan skillmu. Atau menggali passionmu yang sebenarnya. Siapa tahu ini bisa jadi sumber pencaharianmu nantinya. Intinya manfaatkan setiap kesempatan yang ada untuk menambah pengetahuan, skill dan manfaatkan waktu dengan baik. Justru teman-temanmu yang sudah mendapatkan pekerjaan mereka tidak lagi bisa melakukan apa yang merupakan passion mereka kecuali mereka bekerja sesuai dengan keinginannya, para pekerja seperti teman-temanmu telah disibukkan dengan berbagai tugas yang diberikan atasan mereka.

Jadi, tenang saja dan jangan pernah minder. Semua ada tahapannya dan mayoritas orang-orang akan melaluinya, untuk menjadi job hunter. Tenang saja rejeki sudah ada yang mengatur untuk masing-masing orang. Jika temanmu diterima di sebuah perusahaan dan kamu tidak, jangan khawatir memang itu bukan jalanmu, dan ada hikmah dibalik itu semua. Tidak saat ini namun nanti setahun ataupun beberapa tahun kemudian kamu akan belajar dan paham mengapa bukan pekerjaan itu yang kamu dapatkan. Semua sudah diatur dan kamu hanya cukup untuk terus ikhtiar dan tawakal untuk mendapatkan yang terbaik.

Senyum semangat kawan. Keep on trying dan terus asah dirimu untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Banyak belajar baik soft skill maupun hard skill. Semua jerih payah akan terbayarkan. Karena Tuhan Maha Mengetahui. Tuhan tahu bahwa hambanya sedang berusaha.

So, Keep Moving Forward and never ever worries again.

Leave a comment