Big Benefit behind Soy Milk

Susu kedelai, minuman yang banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional dan sekitar sekolah ini ternyata memiliki banyak manfaat dan juga tentunya dapat mendukung proses penurunan berat badan anda.

Susu kedelai merupakan minuman kaya protein yang terbuat dari kacang kedelai. Minuman ini dibuat dengan merendam kacang kedelai yang sudah dimasak ke dalam air, kemudian digiling dan disaring untuk diambil sari patinya.

Dilansir dari SteadyHealth bahwa satu cangkir susu sapi mengandung hingga 8 gram protein dan 12 gram karbohidrat. Sementara, secangkir susu kedelai murni mengandung sekitar 7 gram protein, 4 gram karbohidrat dan 4,5 gram lemak. Hal tersebut menunjukkan bahwa susu kedelai memiliki manfaat hampir serupa dengan susu sapi namun memiliki kalori lebih rendah.

Selain dari hal tersebut asam lemak tak jenuh dalam susu ini pun dapat menghambat penyerapan lemak di usus. Hal ini tentunya dapat mendukung anda yang sedang menjalani proses penurunan berat badan.

Selain membantu menurunkan berat badan, susu kedelai juga diketahui dapat mencegah osteoporosis. Kandungan fitoesterogen dalam susu kedelai dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium dalam tubuh sekaligus mencegah hilangnya massa tulang yang menyebabkan osteoporosis.

Manfaat lainnya yaitu dapat menjaga kesehatan mental seseorang. Secangkir susu kedelai diketahui mengandung 5,8 persen vitamin B6 yang membantu tubuh memproduksi serotonin neurokimia yang dapat meningkatkan suasana hati seseorang. Selain itu, kadar magnesium dalam susu kedelai juga dapat meningkatkan kadar serotonin dan diduga memiliki manfaat serupa dengan beberapa obat antidepresan.

Manfaat lain yang tak kalah pentingnya dari susu kedelai yaitu dapat mencegah stroke maupun gangguan jantung. Mineral magnesium dari susu kedelai dapat mengatur tekanan darah. Magnesium diketahui mampu menghambat pelepasan tromboksan, atau zat yang membuat trombosit (kepingan darah) menjadi lebih lengket dan mudah menjadi gumpalan. Sehingga hal ini dapat membantu mencegah naiknya tekanan darah dan terjadinya stroke maupun gangguan jantung.

Jadi,  mulai mengkonsumsi susu kedelai hari ini?